Free Website Hosting

Senin, 25 Januari 2010

Kimia 123 SMA : Mengetik Rumus Kimia

Emang apa sih susahnya mengetik rumus kimia? Tinggal ketik pakai huruf besar dan huruf kecil, Ctrl-(+) untuk subsbrip dan Ctrl-Shift-(+) untuk superskrip. Beres kan?? Betul, betul, betul... Pinter!
Iya, emang betul... Kalo cuman satu, dua, atau bahkan sepuluh rumus kimia sih nggak masalah. Tapi coba kalo harus mengetik n disitu ada sepuluh atau lima belas persamaan reaksi gimana? Sejam kira-kira dapat berapa lembar? Bener, nggak kasian sama tukang ketiknya?
Oke, untunglah sekarang udah ada solusinya.
ChemFormatter. Mengetik rumus kimia atau persamaan reaksi kimia jadi sangat mudah. Tinggal ”bim salabim..!” tekan icon langsung jadi. Hebat kan?
ChemFormatter adalah sebuah program kecil tambahan (Add-Ins) untuk membantu dalam pengetikan rumus kimia, persamaan reaksi kimia, penulisan referensi jurnal dan sebagainya. ChemFormatter tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows, Machintos, dan apalagi yah? (sory kalo salah-salah nyebut, lagi agak hank nihh) Bagi pemakai sistem operasi Windows n yng lain silahkan klik di sini untuk download.

Un-Zip (uncompress) file yang didapat, kemudian lakukan dobel klik pada file ChemFFO.msi (file instaler). Proses instalasi segera dimulai, tunggu beberapa saat. Setelah proses instalasi selesai, silahkan buka MS Word Anda. Pada toolbar akan dijumpai beberapa icon (baris perintah) tambahan.
Kini Anda siap menngunakannya. Silahkan ketik “H2SO4” seperti ini, kemudian Anda blok, dan klik icon pada toolbar. Tulisan berubah menjadi “H2SO4” kan? Berikut beberapa contoh hasil pengetikan rumus kimia, rumus ion, persamaan reaksi kimia dengan fasilitas program tambahan ini :
Oh ya, fasilitas yang sama akan langsung dapat Anda nikmati ketika mengetik di MS Excel, PowerPoint, Publisher ataupun Visio tanpa harus menginstal lagi. ChemFormatter udah langsung terinstal di sana.
Demikian tulisan singkat tentang tips mengetik rumus kimia yang dipersembahkan blog Kimia 123 SMA pada kesempatan ini. Mohon komentarnya. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar